Dalam panduan membuat postingan blog di WordPress kali ini, kami akan memandu Anda melalui fitur-fitur yang ada pada layar editor pos atau biasa di sebutkan dengan kata posting atau postingan di WordPress. Panduan yang di buat se-sederhana mungkin bagaimana Anda dapat menggunakannya untuk membuat postingan atau konten yang lebih baik. Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah sederhana untuk membuat postingan yang menarik dan informatif.

Siap, mari kita mulai!

Pengantar Postingan WordPress

Di WordPress, ada dua format utama untuk membuat konten. Yang pertama adalah halaman (laman), yang sebagian besar statis dan kemungkinan akan membentuk struktur website. Contoh umum termasuk halaman utama website, halaman Tentang, halaman Kontak, dan sebagainya. Yang kedua adalah postingan yang akan kita bahas pada artikel ini.

Postingan adalah salah satu dari dua jenis konten utama di WordPress, jadi sangat penting untuk memahami cara kerjanya. Bersamaan dengan halaman, postingan adalah kendaraan utama Anda untuk membuat konten dan membagikannya dengan pengunjung Anda.

Tampilan layar postingan di WordPress menggunakan editor yang hampir sama dengan halaman, sama untuk membuatnya dan keduanya dapat menyertakan teks, media, dan banyak lagi. Namun, postingan dan halaman dirancang untuk konten yang lebih tepat waktu. Inilah sebabnya mengapa postingan sangat berguna untuk blog. Postingan di WordPress juga berfungsi dengan baik untuk pembaruan, artikel berita, dan jenis konten baru lainnya yang dapat di perbarui secara teratur.

Biasanya, setiap postingan diberi tanggal dan terdaftar dalam urutan kronologis, dan diatur menggunakan sistem kategori dan tag. Anda akan menemukan bahwa posting adalah jenis konten serbaguna, mampu melakukan banyak hal di website Anda. Terlebih lagi, postingan mudah dibuat dan dikelola. Mari kita membahas langkah-langkahnya sekarang.

3 Langkah Sederhana mengelolah postingan di WordPress

Membuat postingan di WordPress sangat lah mudah, Anda cukup mempalajari panduan ini kurang dari 10 menit lalu Anda bisa mempraktikan sendiri di website Anda. kita akan membahas cara membuat postingan baru, mengelolahnya, dan terakhir mengelolah kategori dan tag. 

Berikut ini langkah-langkah membuat postingan di WordPress :

Langkah 1 : Membuat Postingan Baru

Langkah pertama untuk membuat Postingan di WordPress adalah dengan melihat gambar dasbor pos di bawah ini. Klik menu Pos (1) di sidebar kiri. Selanjutnya, Anda dapat memilih dan mengklik menu Tambah Baru (2) dari sidebar yang sama atau di bagian atas halaman  klik tombol Tambah Baru (3). Pada nomor (2) dan (3) sama saja fungsinya, jadi pilih salah satu yang di rasa paling mudah untuk menambahkan postingan.

dasbor pos
Gambar dasbor Pos

Setelah mengklik Tambah Baru (3), maka Anda akan dibawa ke dasbor editor postingan, yang sekarang disebut dengan nama Editor Blok (Gutenberg) seperti pada gambar di bawah ini :

dasbor membuat postingan
Gambar editor postingan (block gutenberg)

Dasar membuat postingan dengan editor blok sangat mudah dan sederhana. Cara memulainya dengan menuliskan judul postingan pada Tambahkan Judul (4), selanjutanya mulai menulis postingan di kolom nomor (5)

Anda dapat mengisi dua tempat/kolom diatas (4,5) selanjutnya Terbitkan (6) . Itu saja yang diperlukan untuk membuat Postingan WordPress! sangat sederhana bukan.

Namun, Anda pasti ingin melakukan yang lebih dari itu sebelum menekan tombol Terbitkan (6). misalnya membuat kategori, tag, dan gambar postingan. berikut ini panduan nya :

sidebar kanan
Editor postingan (sidebar kanan)

Permalink (7) adalah postingan yang biasanya mencerminkan dari judul dan otomatis akan terbuat sebuah URL sesuai nama judul. Contoh : judul postingan-nya adalah adalah Panduan Membuat Postingan maka akan menghasilkan URL https://onlinekanaja.co.id/panduan-membuat-postingan/. URL permalink ini bisa di edit sesuai yang Anda inginkan, namun harus melakukan Penerbitan (5) dahulu setelah itu URL dapat di edit dan di perbarui.

Kategori (8), selain mudah mengkategorikan postingan agar terlihat lebih rapi, juga memudahkan untuk peramban SEO, jadi pastikan konten postingan Anda memiliki kategori.

Tag (9) hampir sama dengan Kategori karena ini memisahkan konten postingan, dan ini lebih spesifik. Anda bisa membuat beberapa tag yang paling relevan dengan isi konten postingan yang di buat. Tag ini akan tampil di akhir postingan, gunanya memudahkan bagi pembaca atau pengunjung melihat postingan berdasarkan tag/kategori konten postingan.

Gambar Andalan (10) untuk mengidentifikasi konten postingan Anda, termasuk menjadi konten utama yang muncul saat postingan dibagikan ke media sosial, jadi usahakan gambar andalan disertakan dalam setiap konten postingan. Selain itu juga Anda perlu memperhatikan ukuran gambar yang akan diupload. Berikut ukuran gambar andalan yang direkomendasikan oleh Facebook;

  • 600×315 px
  • 1200×630 px (rekomendasi)

Selain ukuran, anda juga wajib memperhatikan ukuran (size) gambar yang diupload. Disarankan size file gambarnya tidak lebih dari 100kb.

Kutipan (11) adalah tertulis untuk gambar yang dibagikan. Tema dan plugin, jejaring sosial, bahkan hasil pencarian di google sering kali menampilkan Kutipan yang di tulis pada kutipan ini. Jadi meringkas atau merangkum konten atau artikel dalam satu atau dua kalimat perlu di buat saat Anda membuat konten Postingan di WordPress, namun ini sifatnya opsional saja.

Langkah 2 : Mengelola Posting

Setelah Anda membuat beberapa Postingan WordPress, terkadang Anda perlu menjalankan beberapa pemeliharaan dan mengelola beberapa detail yang berubah seiring waktu. Di bawah  item Semua Posting (1), arahkan kursor ke entri mana pun dan serangkaian opsi akan muncul (2).

edit cepat pos
Gambar edit cepat postingan

Selanjutnya pilih dan klik  Edit Cepat (2) akan memperluas detail posting  (3) di mana Anda dapat mengatur detail non-konten. Anda dapat menyesuaikan judul dan slug, tanggal penerbitan, kategori, tag, status publikasi, dll. Anda tidak dapat membuat penyesuaian pada konten tertulis, gambar unggulan, dan detail lain yang Anda buat di editor blok karena ini dalah pengeloahan edit cepat. Jika ingin pengelolahan yang postingan yang lebih teknis Anda bisa mengklik Sunting (2). Mengklik sunting akan membawa Anda kembali ke editor blok.

Langkah 3 : Mengelola Tag dan Kategori

Terlihat gambar di bawah ini adalah dasbor kategori postingan :

kategori dan tag pos
Gambar tampilan kategori postingan

Kategori (1), bisa melakukan penambahan ketegori cukup tambahkan kategori baru, slug tidak pelu di isi. karena ini adalah sebuah versi url yang akan di letakan setelah nama domain. Selanjunya Kategori Induk (2) atau kata sederhananya adalah sub kategori, setelah itu klik tambah kategori baru maka kategori postingan berhasil di buat.

Pada gambar di atas sengaja di gabungkan, karena tidak ada perbedaan yang terlalu kompleks antara kategori dan Tag (3) maka penjelasan nya hanya di satu tempat ini saja. perbedaan nya adalah tag tidak memilik Kategori Induk (2) sedangkan kategori memilikinya, karena tag lebih di khususkan untuk kata yang lebih spesifik.

Kesimpulan

Jika Anda memiliki website company, toko online, blog atau web berita di WordPress, memahami cara kerja postingan adalah “suatu keharusan”. Jenis konten fleksibel ini mudah dibuat, dikelola, dan diatur, jadi mempelajari cara melakukan hal-hal tersebut harus menjadi salah satu tujuan pertama Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *